Thursday, May 7, 2015

MEMBUAT MEDIA HIDROPONIK VERTIKULTUR SECARA MURAH


Membuat media hidroponik memang relatif mahal karena menggunakan bahan dengan harga beli yang relatif mahal seperti pipa PVC. jika menggunakan wadah dari bahan yang lebih murah maka biaya yang dibutuhkan bisa ditekan lagi menjadi murah meriah. namun untuk membuat media hidroponik berbentuk tiang tiang tegak lurus paling praktis adalah menggunakan bahan dari pipa PVC. 

Kelebihan lain dari bentuk tegak lurus ini adalah dapat menghemat lahan sehingga sangat cocok bagi para pencinta hidroponik yang tidak memiliki lahan luas dan hanya sekedar menyalurkan hobby di teras rumah. untuk area 1 x 3 meter dapat ditanam sebanyak 252 netpot dengan tinggi pipa 2 meter.
Langkah pertama, potong pipa PVC sepanjang 180 cm, jika satu batang pipa PVC sepanjang 5,5 meter bisa dipotong menjadi 4 bagian. selanjutnya ukur dan gergaji pipa selebar diameter netpot. Netpot adalah pot kecil yang memiliki lubang yang banyak yang digunakan untuk wadah media tanam hidroponik. Biasanya botol gelas air mineral yang dilubangi dengan solder yang sering dipakai sebagai netpot. penggergajian dilakukan 40 cm dari bagian bawah kemudian setiap 15 cm digergaji lagi diatasnya dengan pergeseran 1/4 bagian kesamping terus memutar sampai keatas.
  


langkah kedua, pipa dipanaskan diatas kompor atau bara api supaya lembek pas posisi di bagian yang digergaji. kemudian masukkan botol kaca untuk membentuk lubang tempat diletakkan netpot nantinya. jika sudah terbentuk segera di kasih air supaya bentukan menjadi kaku dan permanen. lakukan semua pada bagian yang digergaji sehingga jika panjang pipa 180 cm - 40 cm(sisa bagian bawah) - 20 cm(sisa bagian atas) = 120 cm / 15 cm = 8 lubang tanam per pipa.


Langkah ketiga, pasang pada kaki yang sudah didesain dari sock conektor T dan Elbow seukuran dengan pipa membentuk persegi panjang dengan jarak antar pipa lebih kurang 50 cm. siapkan juga pipa 1/2 inci untuk mensuplay air nutrisi dari atas pipa dan hubungkan dengan pompa air. siapkan juga kolam terpal tempat penampungan nutrisi sekaligus tempat pemasangan rangkaian pipa yang sudah dirakit.
langkah keempat, larutkan nutrisi hidroponik sesuai anjuran produk. ukur konsentrasi larutan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tanaman budidaya, untuk mengetahui kebutuhan setiap tanaman dapat di download di internet dalam bentuk tabel. cek kosentrasi larutan dalam satuan ppm dengan alat digital TDS meter(bisa dibeli secara online). isi nutris setinggi 30 cm ke dalam kolam terpal dan pasangkan pompa serta operasikan pompa tersebut sampai berjalan dengan baik sirkulasi dan distribusi nutrisi ke setiap pipa vertikal yang sudah terpasang. jika semua sudah berjalan maka tanaman dalam netpot sudah dapat di pasang ke pipa.



pasang netpot berisi tanaman ke dalam lubang yang ada di pipa. pelihara tanaman dengan cara setiap hari mengecek sistem apakah berjalan dengan baik atau ada kendala. jika ada masalah dapat segera ditangani. jika listrik penggerak pompa mati maka harus dilakukan npenyiraman air nutrisi secara manual setiap 2 jam sekali pada setiap pipa minimal satu gayung per pipa. jika ada serangan hama penyakit bisa segera di spray pestisida nabati jika tidak mempan baru gunakan pestisida kimiawi.
 Biasanya panen bisa dilakukan 60 hari sejak tanam untuk tanaman selada dan berbeda untuk setiap tanaman.

sekian selamat mencoba semoga berhasil











3 comments:

  1. untuk pupuk nutrisinya sendiri pake apa pak?

    ReplyDelete
  2. kami pakai pupuk khusus untuk hidroponik sayuran daun produk dari GOODPLANT HIDROPONIK Jogyakarta

    ReplyDelete
  3. kami pakai pupuk khusus untuk hidroponik sayuran daun produk dari GOODPLANT HIDROPONIK Jogyakarta

    ReplyDelete