Tuesday, May 26, 2015

STEK PANJANG JERUK NIPIS

Agenda saya hari ini, Membersihkan Kebun Kakao, namun karena ada berita adanya penyisiran atau sweeping di sekitar kebun pasca kontak tembak antara aparat keamanan NKRI dengan kelompok bersenjata di Pidie Sabtu dini hari di Kecamatan Mutiara Timur, saya urungkan niat ke kebun. waktu luang hari ini saya manfaatkan untuk menyalurkan hobbi, sekaligus bermanfaat untuk mata pelajaran yang saya ampu di sekolah, melakukan teknik stek jeruk nipis dengan dahan yang tidak dipotong potong pendek seperti stek biasa tanpa membuang daun. caranya adalah

pangkas dahan jeruk nipis dengan panjang 50 s/d 100 cm sebanyak yang anda inginkan dan buang daun dan duri dipangkalnya sepanjang 10 cm atau sedalam dahan yang terbenam ke media tanah.

oleskan perangsang akar pada bagian pangkal yang akan terbenam dalam media tanah, 
tanam secara berkelompok atau bisa juga anda menggali lubang di tanah dan lakukan penguburan massal pangkal tanaman yang sudah diolesi perangsang akar.

tancapkan sepotong kayu untuk penyangga sungkup dan stek agar tidak rebah oleh tiaupan angin
 Siram secukupnya dan sungkup dengan karung plastik bekas (yang baru juga boleh) atau lebih bagus gunakan plastik bening

Tunggu selama 1 bulan, pindahkan sungkup dan jika telah menunjukkan pertumbuhan tunas maka tanaman dapat dipindahkan ke polibag per satu stek. atau bisa juga langsung ditanam ke lahan. 
tahukah anda salah satu kegunaan tanaman jeruk nipis ini dan ini menjadi tujuan saya membuat stek hari ini? tak lain dan tak bukan adalah untuk melindungi tanaman utama dari gangguan binatang seperti kera yang sering mencabut tanaman di kebun atau gangguan babi hutan yang suka membongkar tanaman utama di kebun atau beruang madu yang suka iseng merobek tanaman. tanaman jeruk nipis mempunyai duri yang lumanyan tajam dan banyak mampu mengurungkan niat jahat binatang terkutuk tersebut terutama kera alias monyet yang sangat jahat dan licik.

semoga bermanfaat buat pembaca sekalian, selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment