Thursday, May 7, 2015

TEKNIK CANGKOK PEPAYA


Perbanyakan tanaman pepaya biasaya dilakukan dengan cara generatif dengan cara mengisolasi bunga pepaya sebeluh mekar supaya tidak terserbuki dengan bunga yang lain yang disinyalir dapat menyebabkan penimpangan sifat pada generasi selanjutnya. cara seperti ini cukup efektif dan mudah sehingga sangat jarang dijumpai orang melakukan perbanyakan dengan cara vegetatif seperti salah satunya dengan teknik mencangkok.

Namun demikian apabila anda ingin mengoleksi pepaya yang menurut anda unggul untuk skala kecil atau hanya beberapa batang saja atau anda ingin menanam di dalam pot maka ada dapat melakukan perbanyakan dengan cara mencangkok. caranya seperti ini

1. Sayat cabang kecil yang tubuh di batang induk pepaya hingga terbelah dua selebar 5 sampai 7 cm

2. Ganjal sayatan denga kayu atau ranting agar sayatan tidak menyatu kembali, sayatan ini bertujuan unuk merangsang cabang samping pepaya mengeluarkan akar menjadi individu baru.

3. Oleskan perangsang akar pada area yang diinginkan dimana posisi media tanam. bisa anda gunakan perangsang akar growtone berbentuk tepung yang telah di buat seperti pasta.
  



4. Pasang media tanam dari tanah yang subur dan gembur.

5. Ikat media tanam dengan tali rafiah dengan kencang sampai tidak bergeser dan pastikan tidak melorot karena akar yang baru tumbuh bisa putus.

6. Lubangi bungkusan media dari palstik di bagian atas dan bagian bawah supaya air dapat masuk ke media tumbuh dan keluar jika sudah berlebih.

7. Tunggu sampai akar keluar mencapai 80 sampai 100 % memenuhi media kemudian pangkas tepat di bawah media tanam cangkokan dan siap di tanam sebagai tanaman baru

Selamat mencoba.


No comments:

Post a Comment